Workers pernah dengar profesi Virtual Assistant? Penasaran ga sih profesi macam apa itu? Apa kualifikasi dan bagaimana cara menjadi seorang Virtual Assistant?

Simak artikel selangkapnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang profesi ini. Jangan lupa juga untuk menyimak video obrolan Workerspedia bareng Nissa Muluk. Nissa yang memulai karir sebagai seorang broadcasters, kini mantap menjalani karir sebagai seorang Virtual Assistant. Workers juga boleh lho intip langsung dan follow IG nya di @nissamuluk dan @luangkanwaktu.ac

Apa Itu Virtual Assistant (VA) alias Asisten Virtual?

Virtual Assistant adalah seorang profesional yang memberikan dukungan administratif, teknis, atau kreatif kepada klien dari lokasi yang berbeda. Mereka bekerja secara online, yang berarti mereka bisa bekerja dari mana saja, asalkan ada koneksi internet – makanya profesi ini memiliki kata Virtual didepannya. Keren ya, Workers?

ilustrasi virtual assistant sedang bekerja | workerspedia.id
Ilustrasi seorang virtual assistant | workerspedia.id | Designed by Freepik

Mengapa Menjadi Seorang Virtual Assistant (VA)?

Ada banyak alasan mengapa seseorang memilih menjadi VA. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Fleksibilitas Waktu dan Lokasi: Sebagai VA, kamu bisa bekerja dari mana saja dan kapan saja. Ini berarti kamu bisa mengatur jadwal kerjamu sendiri. Workers tentunya ingat bagaimana Pandemi Covid-19 merubah cara kita bekerja, walaupun kini pandemi sudah berlalu, namun banyak jenis profesi yang kemudian memungkinkan pekerjanya untuk bekerja secara remota, termasuk profesi Virtual Assistant.
  2. Peluang Karir yang Luas: VA bisa bekerja di berbagai bidang, mulai dari administrasi, pemasaran, penulisan, desain, dan lainnya. Apabila kamu memilih untuk menekuni karir Virtual Assistant di bidang yang sesuai dengan minat dan keahlianmu, artinya kamu meniti karir sebagai seorang VA Specialist. Selain bisa fokus kepada satu keahlian, seorang VA juga bisa mencakup pekerjaan yang umum – ini berlaku bagi seoarang VA Generalist yang menangani berbagai keperluan klien sesuai kebutuhan dan kesepakatan.
  3. Penghasilan yang Menjanjikan: Meski gajinya bervariasi, banyak VA yang berhasil mendapatkan penghasilan yang cukup besar. Tentunya hal ini juga diraih melalui konsistensi dalam memberikan pelayanan yang baik kepada klien, sehingga kita memiliki reputasi yang baik pula di ranah ini dan memungkinkan kita menggaet lebih banyak klien. More clients, more cuan pastinya!
  4. Saat ini Belum Banyak Saingan: Sebagai profesi yang belum banyak dikenal oleh masyarakat umum, masih terbuka peluang yang sangat luas bagi siapapun yang ingin berkecimpung sebagai seorang Virtual Assistant. Lebih lanjut, apabila saat ini Workers memutuskan untuk menjadi seorang VA, dalam 1-2 tahun kedepan apabila profesi ini berkembang dan diminati banyak orang, kamu sudah bisa menjadi VA Senior dengan pengalaman dan skill yang lebih, yang tentunya bisa menjadi panutan banyak VA kedepannya.

Buat kamu yang masih berada di bangku kuliah, profesi VA juga bisa menjadi pilihan karir, namun kalau masih ragu dan ingin mengeksplorasi lebih jauh, ada baiknya kamu simak artikel Workerspedia yang berjudul: Perencanaan Karir – Panduan untuk Mahasiswa (Semester Berapapun).

Bagaimana Cara Menjadi VA?

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang Virtual Assistant (VA):

  1. Identifikasi Keahlianmu: Apa yang kamu bisa lakukan dengan baik? Apakah itu penulisan, desain, atau mungkin manajemen proyek? Identifikasi keahlianmu dan pikirkan bagaimana kamu bisa menawarkannya sebagai layanan VA.
  2. Bangun Portofoliomu: Tunjukkan kepada calon klien bahwa kamu bisa melakukan pekerjaan dengan baik. Buatlah portofolio yang menampilkan pekerjaan terbaikmu.
  3. Cari Klien: Ada banyak cara untuk mencari klien, mulai dari bergabung dengan platform freelancer, menghadiri acara networking, hingga mempromosikan layananmu di media sosial.

“Selama usia produktif, selama mau belajar terus dan mengembangkan skill, siapapun dengan background apapun bisa (menjadi Virtual Assistant)”

– Nissa Muluk, Professional Virtual Assistant

Virtual Assistant – Profesi Modern Untuk Masyarakat Modern

Menjadi Asisten Virtual bisa menjadi pilihan karir yang menarik, terutama bagi mereka yang menghargai fleksibilitas dan kebebasan. Terutama di era modern yang memungkinkan banyak orang terhubung dan berkolaborasi melalui internet. Namun, seperti halnya profesi lain, menjadi VA juga membutuhkan keterampilan, dedikasi, dan kerja keras.

Jadi, apakah kamu siap untuk memulai petualangan baru sebagai seorang VA? Semoga sukses, Workers!

Share: