Memilih karier di luar gelar pendidikan yang dimiliki? Bagaimana dengan ilmu yang telah dipelajari? Jadi gak berguna dong? Eits, pemikiran ini sering kali menimbulkan pro dan kontra dari orang sekitar terkait memilih pekerjaan yang harus sesuai dengan jurusan pendidikan yang diambil. Padahal, bekerja tidak sesuai jurusan bukan berarti tidak bisa mencapai kesuksesan loh, workers.

Meski banyak lowongan pekerjaan yang memberikan kualifikasi bidang pekerjaan yang sesuai jurusan, bukan berarti memilih posisi pekerjaan yang berbeda jauh dengan jurusan pendidikan kamu adalah hal yang salah. We never know, bisa jadi hal tersebut menjadi langkah awalmu menuju dunia profesional yang mampu kamu jalani.

Konten:

  1. Gelar akademik hanya formalitas
  2. Lirik bidang lain yang lebih menjanjikan
  3. Kesempatan mempelajari hal baru
  4. Fokus pada tujuan karir
  5. Bekerja tidak sesuai jurusan, tapi kerja sesuai passion

Gelar Akademik Hanya Formalitas

karir tidak sesuai jurusan | workerspedia.id
Photo by Vantha Thang

Tak bisa dipungkiri jika ada beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan skill khusus sesuai jurusan saat kuliah. Tapi nggak sedikit perusahaan yang mencari kandidat tidak terpaku pada konsentrasi pendidikan tertentu. Apalagi di zaman serba digital seperti sekarang, banyak perusahaan hanya melihat gelar studi sebagai formalitas salah satu prasyarat dalam dunia kerja. Walaupun tidak semuanya begitu ya, Workers!

Selalu utamakan loyalitas dan kemampuanmu dalam bekerja, menjadi hal yang diperhitungkan perusahaan dalam memilih pekerjanya. Dengan begitu kamu bisa membuktikan, bahwa kesuksesan bisa diraih walaupun kamu bekerja tidak sesuai sesuai jurusan.

Lirik bidang lain yang lebih menjanjikan

Jangan memaksakan diri untuk mencari pekerjaan hanya sesuai jurusan yang diambil. Karena siapa tau ada kesempatan yang lebih menjanjikan di luar bidang pendidikan yang pernah kamu pilih. Buka pandanganmu dengan hal-hal baru yang bisa saja membuka kesempatanmu ke dalam karir yang lebih bersinar.

Pekerjaan di ranah komunikasi merupakan salah satu bidang yang mudah dapat kerja, walaupun belum tentu jadi cita-cita diawal masuk perguruan tinggi, banyak lulusan dari jurusan lain seperti Ekonomi, Psikologi, sampai Antropologi ternyata berkiprah di bidang lain seperti jurnalisme yang erat kaitannya dengan komunikasi.


Baca juga: Fresh Graduate – Dinamika dan Tantangan dalam Dunia Kerja

Kesempatan mempelajari hal baru

Dengan memilih pekerjaan di luar jurusan yang kamu ambil, ini menjadi tantangan bagimu untuk bisa mempelajari hal baru dan membuatmu tangguh terhadap kemajuan karirmu di masa depan. Jangan pernah membuang setiap kesempatan yang ada di depan mata, karena hal tersebut tentu ada manfaatnya di kemudian hari.

Fokus pada tujuan karir

Fokuslah pada apa yang ingin kamu jalani dalam kehidupan profesionalmu, workers. Jika kamu sudah mengenali diri sendiri dan yakin akan tujuanmu dalam meraih karir impian, nggak perlu lagi tuh ada keraguan dalam menjalankan pekerjaan tanpa harus melihat latar belakang pendidikan yang sejalan.

Karena kualitas diri dan kesuksesan karir tidak melulu ditentukan dari jurusan yang kita ambil, adanya semangat dan motivasi diri yang tinggi memantapkan keberhasilan kita di masa depan.


Baca juga: 8 Bidang Pekerjaan untuk Lulusan D3 dengan Prospek Karir Cerah

Bekerja tidak sesuai jurusan, tapi kerja sesuai passion

kerja sesuai passio | workerspedia.id
Photo by Ono Kosuki

Setiap keputusan tentu punya konsekuensinya masing-masing. Meski terpaut jauh dari jurusan yang diambil, kerja sesuai passion yang diminati tentu punya kepuasan tersendiri saat menjalaninya. Pilihlah apapun itu pekerjaanmu sekalipun tak sesuai dengan bidang pendidikanmu, asalkan kamu enjoy, serius, dan fokus dalam menjalaninya. Jadi, kerja sesuai passion, why not ya, Workers!

Ingat ya workers, jangan pernah menyesali segala keputusan yang kamu ambil, termasuk dalam hal terjun ke dunia profesional. Selalu temukan hal positif di setiap perjalanan karirmu ya, workers. Semangat!

Share:

1 Comment

Comments are closed.