Lulusan D3 mau jadi apa? Mungkin adalah pertanyaan yang tidak jarang kita dengar, yang meragukan masa depan dan prospek karir seorang lulusan D3. Tapi, benarkah bahwa lulusan diploma tidak memiliki prospek karir yang cemerlang? Stigma tersebut salah besar ya Workers. Saat ini banyak jurusan D3 yang memiliki masa depan cerah di dunia kerja. Bahkan, profesi atau bidang pekerjaan yang akan kita bahas kali ini adalah yang memiliki prospek karir cemerlang, yang dapat kamu masuki apabila kamu adalah seorang lulusan D3.

Konten:

  1. Teknik Informatika
  2. Akuntansi
  3. Broadcasting atau Jurnalistik
  4. Perpajakan
  5. Pariwisata
  6. Sekretaris
  7. Hubungan Masyarakat / Public Relation
  8. Keperawatan

Melansir dari situs detik.com, berikut adalah profesi yang dapat kamu jalani apabila kamu menempuh pendidikan D3:

lulusan D3 IT
Photo by Christina @ wocintechchat.com on Unsplash

1. Teknik Informatika

Bidang Teknik Informatika atau yang lebih akrab dengan sebutan IT, memiliki prospek karir yang amat cemerlang saat ini. Karena seiring perkembangan zaman yang semakin go digital, banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan teknik informatika untuk mengurus segala kebutuhan perusahaan yang berkaitan dengan teknologi.

Para lulusan D3 Teknik Informatika dibekali dengan berbagai fungsi logika, pemrograman bahasa sederhana dan tingkat tinggi, metode numerik, teknik komputasi, jaringan komputer hingga hal-hal yang berhubungan dengan hardware maupun software komputer. Untuk itu di dunia kerja, lulusan D3 Teknik Informasi dapat bekerja di bagian Full Stack Developer, Programmer, hingga Front End Developer.

2. Akuntansi

Untuk menekuni bidang pekerjaan Akuntansi tidak melulu kamu harus memiliki ijazah Sarjana (S1). Lulusan D3 Akuntansi pun memiliki prospek cerah untuk bergabung dalam lahan kerja yang sangat banyak di dunia kerja ini. Karena hampir setiap perusahaan pasti memerlukan seorang akuntan untuk mengelola segala hal yang berkaitan dengan keuangan perusahaan.

Prospek kerja bagi lulusan D3 di dunia Akuntansi diantaranya adalah Tenaga Akuntansi, Analis keuangan, Administrasi keuangan, Konsultan Pajak, dan Akuntan Pemerintahan. Dari segi gaji yang akan didapatkan, biasanya perusahaan-perusahaan rela mengeluarkan nominal yang besar karena tanggung jawab seorang akuntan cukup besar dalam mengelola keuangan perusahaan.

click to play the video
Tonton obrolan WP bareng Kak Mei tenteng D3 atau S1 dikanal YouTube Workerspedia. Jangan lupa like, comment, dan subscribe ya, Workers!

3. Broadcasting dan Jurnalistik

Broadcasting dan Jurnalistik, menjadi industri atau bidang pekerjaan lainnya yang masih banyak membutuhkan sumber daya manusia siap kerja. Seiring dengan banyaknya perusahaan media di era teknologi, maka dibutuhkan tenaga ahli di bidangnya yang siap bekerja menjadi insan-insan penyiaran.

Para lulusan D3 Broadcasting dan Jurnalistik bisa bekerja di perusahaan media massa, job portal, team konten youtube, atau team digital perusahaan. Bagi kamu yang senang tampil di depan public, jurusan ini sangat memungkinkan kamu untuk menjadi seorang penyiar berita atau presenter.

Sementara itu, serupa dengan informasi diatas, situs Kompas.com juga menambahkan sederet profesi lain yang cocok untuk lulusan D3:

4. Perpajakan

Karir di bidang perpajakan cocok untuk lulusan D3 karena ada banyak peluang kerja dan pengembangan profesional di sektor ini. Salah satu posisi yang cocok untuk lulusan diploma adalah Tax Accounting. Untuk bekerja di posisi ini, kamu diharapkan untuk memiliki kemampuan analisis angka yang seakurat mungkin

Selain itu, karir di bidang perpajakan juga menawarkan kesempatan untuk belajar dan berkembang secara profesional. Kamu bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang hukum pajak, sistem pajak, administrasi pajak dan manajemen pajak.

Lulusan diploma dapat bersaing dengan lulusan sarjana di bidang perpajakan karena sebagai lulusan D3 kamu akan memiliki keunggulan dalam hal pengalaman praktis, kemampuan komunikasi dan penyesuaian diri dengan lingkungan kerja. Selain itu, lulusan diploma juga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi untuk meningkatkan kualifikasi.

Baca juga: Lebih Baik D3 atau S1 – Rencanakan Studi dan Suksesmu dalam Karir Sejak Dini.

5. Pariwisata

Kamu suka traveling? Kalau iya, mungkin kamu cocok banget ambil jurusan D3 Pariwisata. Jurusan ini nggak cuma bikin kamu jago ngurusin wisatawan, tapi juga buka banyak peluang kerja di berbagai bidang. Apalagi Indonesia itu negara yang punya potensi pariwisata luar biasa. Buktinya, menurut data World Travel and Tourism Council (WTTC), Indonesia adalah negara dengan kontribusi pariwisata terbesar di Asia Tenggara. Makanya nggak heran kalau banyak perusahaan lokal maupun asing yang butuh lulusan D3 Pariwisata.

Sekarang ini industri pariwisata juga udah mulai bangkit lagi setelah sempat terpuruk karena pandemi. Jadi makin banyak kesempatan buat kamu yang mau kerja di bidang ini. Gajinya juga lumayan loh. Menurut situs Qerja.com, rata-rata gaji untuk lulusan D3 Pariwisata adalah Rp 5 juta per bulan. Tergantung posisi dan pengalaman sih.

Nah, apa aja sih pekerjaan yang bisa kamu dapetin kalau lulus dari jurusan D3 Pariwisata? Banyak banget! Kamu bisa jadi manajer hotel, pegawai di maskapai penerbangan, konsultan pariwisata, atau bahkan PNS di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Seru kan? Kamu bisa berkarir di bidang yang kamu suka sambil menikmati keindahan Indonesia.

6. Sekretaris

Kamu punya bakat jadi sekretaris? Kalau iya, kamu harus banget ambil jurusan D3 sekretaris. Jurusan ini bakal ngajarin kamu cara ngatur-ngatur hal-hal yang berhubungan dengan administrasi di perusahaan. Kamu juga bakal dapet pengalaman praktik yang bermanfaat buat kerja sebagai sekretaris.

lulusan D3 sekretaris
Photo by Mimi Thian on Unsplash

Sekretaris itu kerjanya apa sih? Sekretaris itu orang yang ngebantu bos atau pimpinan di perusahaan buat ngurusin segala sesuatu yang berkaitan dengan administrasi. Misalnya, bikin surat-menyurat, atur jadwal rapat, simpen dokumen penting, dan lain-lain. Pokoknya semua hal yang bisa bikin bos atau pimpinan happy.

Nah, kalau kamu tertarik buat jadi sekretaris, kamu bisa melamar pekerjaan di berbagai perusahaan. Nggak cuma perusahaan swasta aja loh. Kamu juga bisa kerja di instansi pemerintah atau organisasi non-pemerintah. Asalkan ada kegiatan administrasi di sana, pasti ada lowongan buat sekretaris.

Baca juga:Walk in Interview: Tips Interview Kerja dan Persiapan Menghadapinya.

7. Hubungan Masyarakat / Public Relation

Kamu suka ngobrol dan punya kemampuan komunikasi yang bagus? Kalau iya, kamu cocok banget nih ambil jurusan hubungan masyarakat atau public relation. Jurusan ini bakal ngajarin kamu cara bikin perusahaan atau organisasi yang kamu kerjain terlihat baik di mata masyarakat. Karena itu gaji dari humas bisa gede banget loh. Soalnya mereka itu jadi “wajah” dari perusahaan.

Kalau kamu lulus dari jurusan ini, kamu bisa kerja di berbagai bidang. Nggak cuma perusahaan swasta aja loh. Kamu juga bisa kerja di instansi pemerintah seperti humas kejaksaan agung. Atau kalau kamu mau lebih mandiri, kamu bisa jadi konsultan PR atau penulis yang ngebahas tentang isu-isu terkini.

Sebagai tambahan Workerspedia juga merekomendasikan profesi dibawah ini yang juga cocok bagi kamu yang mengambil kuliah D3.

Baca juga artikel-artikel lain yang berisi Tips untuk Pencari Kerja.

8. Keperawatan

Lulusan-lulusan D3 juga banyak dibutuhkan dalam bidang pekerjaan Keperawatan, oleh berbagai rumah sakit dan institusi-institusi pelayanan Kesehatan. Bisa dibilang, kebutuhan akan tenaga perawat saat ini amatlah tinggi apalagi selepas masa pandemi Covid-19 yang menyebar secara massive di berbagai belahan dunia.

Selain bekerja di rumah sakit, lulusan D3 Keperawatan juga bisa bekerja sebagai tenaga pengelola pelayanan kesehatan, asisten dokter, tenaga perawat di perusahaan tambang minyak dan gas, perawat home care, hingga perawat di klinik kecantikan.

Jadi, itulah jurusan-jurusan yang bisa kamu pilih saat memilih program diploma khususnya D3 yang memiliki prospek karir cemerlang. Pertimbangkan dengan matang jurusan apa yang kamu minati dan kuasai. Jika kamu memiliki minat dan mampu menguasai ilmunya dengan baik, kamu akan dengan mudah mendapatkan karir yang sesuai dengan program studi yang telah kamu pilih. Goodluck for your future, workers!

Share:

3 Comments

Comments are closed.