Di era sekarang, mencari pekerjaan menjadi semakin sulit karena perkembangan trend dan teknologi yang berdampak pada penyesuaian kriteria kandidat pekerja yang dibutuhkan perusahaan. Namun demikian, banyak faktor yang dapat mempengaruhi diterima tidaknya seseorang di suatu perusahaan, salah satunya adalah kualitas diri serta keterampilan yang dimiliki.
Dalam artikel ini, Workerspedia akan memberikan info bagi workers yang sedang dalam persiapan atau sedang berusaha mencari kerja agar dapat menjadi kandidat berkualitas yang dilirik perusahaan. Simak terus yuk!
Konten:
- Kriteria Pekerja Yang Dibutuhkan Perusahaan
- Skill Yang Direkomendasikan Dalam Persiapan Karir
- Strategi Dalam Mencari Kerja
- Tips Menghadapi Interview Kerja
Kriteria Pekerja Yang Dibutuhkan Perusahaan
Saat melihat lowongan kerja, kita sering melihat kualifikasi yang dibutuhkan seperti IPK minimal, pengalaman kerja, serta keahlian khusus yang diperlukan untuk bekerja. Tapi dengan tingginya persaingan di dunia kerja, tentunya kita harus memiliki kualitas diri yang lebih baik. Agar bisa menjadi karyawan yang ingin dicari oleh perusahaan-perusahaan, berikut beberapa kriteria pekerja yang biasanya dipertimbangkan saat menyeleksi resume lamaran kerja:
- Siap bekerja dengan komitmen dan tanggung jawab. Berkomitmen untuk bekerja secara profesional dengan berbagai tantangan dan risiko yang ada.
- Memiliki keterampilan unik. Selain kemampuan teknis dan soft skill, keterampilan unik bisa menjadi nilai tambah bagi kandidat pekerja jika dapat memberikan pengaruh positif terhadap kinerja perusahaan.
- Original dan Jujur. Dalam artian tidak berusaha untuk meniru orang lain sehingga dapat menghadirkan ide-ide yang inovatif.
- Haus pengetahuan dan ingin terus berkembang. Keinginan untuk senantiasa belajar tentunya dibutuhkan dalam setiap perusahaan dan didukung dengan motivasi untuk terus berkembang.
- Mampu menjaga hubungan profesional dan sosial antar karyawan. Kemampuan komunikasi dan sosialisasi merupakan hal yang penting guna menjaga lingkungan bekerja yang efektif dan produktif.
Skill Yang Direkomendasikan Dalam Persiapan Karir
Menghadapi kompetisi pasar kerja saat ini, memiliki berbagai keterampilan bisa menjadi kunci meraih kesuksesan tidak hanya saat mencari pekerjaan, tetapi juga untuk bertahan dan berkembang dalam perjalanan karir. Beberapa soft skills yang dapat dikembangkan, diantaranya:
- Komunikasi efektif merupakan skill yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih optimal. Disamping itu, kemampuan berkomunikasi yang baik juga dapat mendukung perkembangan soft skills lainnya seperti teamwork, interpersonal, kolaborasi, dan public speaking.
- Kepemimpinan. Selaras dengan kemampuan berkomunikasi, leadership juga tidak kalah pentingnya, bukan hanya dalam memegang posisi pemimpin, tetapi juga saat memotivasi rekan kerja dan membantu mediasi jika timbul permasalahan.
- Manajemen waktu juga tidak kalah penting dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan, khususnya ketika diberikan tanggung jawab menangani lebih dari satu tugas.
- Analisis dan Problem solving dapat membantu bekerja dengan berbagai jenis informasi dan turut ikut andil dalam membantu menemukan solusi terbaik dari permasalahan yang muncul. Kedua kemampuan ini juga berkaitan dengan skill berpikir kritis yang dapat membantu pekerja dalam menyelesaikan masalah, mengambil keputusan yang tepat, dan menghadapi berbagai tantangan di dunia kerja.
- Inovatif dan kreatif. Memiliki sudut pandang berbeda yang mampu menciptakan ide serta produk baru untuk diimplementasikan di perusahaan.
- Kemampuan bekerja independen tanpa membutuhkan arahan khusus setiap kali akan bekerja.
- Integritas dan etos kerja merupakan nilai dan sikap bekerja yang penting untuk dimiliki guna menjadi pekerja yang mandiri, beretika, memiliki dedikasi tinggi, dan memiliki semangat serta tanggung jawab dalam bekerja.
—
Baca juga artikel-artikel lain tentang Tips Mencari Kerja
—
Selain soft skills, berbagai kemampuan teknis atau hard skills juga tidak kalah penting dalam menentukan kualitas kandidat, seperti:
- Menulis merupakan keterampilan yang dibutuhkan berbagai posisi pekerjaan. Kemampuan ini juga dapat dikembangkan menjadi kemampuan copywriting untuk membuat tulisan yang menarik dan selaras dengan kebutuhan klien.
- Manajemen proyek termasuk dalam keahlian teknis yang digunakan untuk merencanakan, melaksanakan, dan menyelesaikan proyek di berbagai industri perusahaan. Keterampilan manajemen proyek juga didukung dengan kemampuan riset dalam mencari, mengorganisasi, mengevaluasi, hingga mempresentasikan informasi terkait proyek yang dikerjakan,
- Bahasa asing juga termasuk dalam keterampilan yang semakin banyak dibutuhkan seiring dengan perkembangan era globalisasi.
- Keahlian dasar software komputer banyak dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan, seperti pengoperasian aplikasi pengolah kata, angka, data, dan presentasi.
- Digital marketing dapat membuka kesempatan untuk bekerja di bidang periklanan, media sosial, e-commerce, hingga produk.
- Skill yang berkaitan dengan kreativitas seperti desain grafis dan video editing semakin banyak dibutuhkan bersamaan dengan meningkatnya penggunaan media sosial sebagai platform promosi.
- Perkembangan teknologi seperti artificial intelligence (AI) juga berpengaruh terhadap skill yang dibutuhkan perusahaan. Diantaranya adalah machine learning, digital security, dan bahasa pemrograman yang diperlukan.
—
Kamu mahasiswa yang ingin siap menghadapi dunia kerja, baca dulu artikel: Perencanaan Karir – Panduan untuk Mahasiswa (Semester Berapapun).
—
Strategi Dalam Mencari Kerja
- Mulai persiapan lebih awal
- Menyusun CV dengan lengkap. Pastikan CV dibuat dalam format dan struktur yang sesuai dengan perusahaan dan posisi yang dituju, serta senantiasa melakukan update CV.
- Membangun profil profesional online dapat menunjukkan potensi kandidat yang tidak tercantum dalam CV formal. Portofolio online dapat berupa halaman web atau video yang menunjukkan lebih dalam keahlian kandidat serta proyek yang telah dikerjakan sebelumnya.
- Mengasah soft skill pendukung yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar dapat meningkatkan kemungkinan diterima perusahaan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara belajar otodidak melalui internet atau mengikuti workshop.
- Update Informasi dari platform terpercaya mengenai lowongan kerja terbaru serta berbagai tips serta trik yang dibagikan ahli dalam berbagai website ataupun event.
- Mengembangkan hubungan relasi dapat meningkatkan kemungkinan mendapatkan informasi terkini mengenai perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan.
Tips Menghadapi Interview Kerja
- Sikap dan mannerism yang baik dan sopan, karena pewawancara tidak hanya menilai isi dari CV, melainkan juga sikap dan perilaku selama wawancara. Penilaian sikap dimulai sejak kandidat memasuki ruangan wawancara hingga keluar dari ruangan, sehingga sebaiknya senantiasa bersikap sopan seperti memberi salam serta menunggu sampai dipersilahkan duduk.
- Jujur tanpa dibuat-buat saat mendapat pertanyaan mengenai pencapaian kerja. Pastikan mendengarkan dan menjawab setiap pertanyaan dengan seksama.
- Tunjukkan kesungguhan dengan cara melakukan riset mengenai perusahaan serta posisi yang dilamar untuk memastikan kesesuaian dengan kandidat.
- Lakukan latihan interview dengan rekan, teman, maupun keluarga agar dapat lebih terbiasa menjawab pertanyaan wawancara kerja.
—
Baca juga: Balai Latihan Kerja – Apa itu BLK, Manfaat dan Cara Daftar BLK
—
Setelah melakukan berbagai persiapan, tentunya kita berharap akan mendapatkan pekerjaan secepatnya, namun demikian kegagalan juga tidak bisa dihindarkan. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyikapi kegagalan dalam interview kerja:
- Tidak putus asa dan belajar dari kekurangan. Buat jurnal dan catat pengalaman wawancara sebelumnya agar dapat melakukan perbaikan terhadap hal-hal yang bisa menjadi kekurangan saat proses interview.
- Tetap mencari tahu dan senantiasa berusaha mengetahui informasi terkini seputar posisi yang diminati melalui berbagai media situs cari kerja, media sosial, forum, serta relasi yang dimiliki.
- Kirimkan lamaran pada banyak perusahaan yang sesuai dengan keahlian dan buat target jumlah loker yang perlu dilamar dalam kurun waktu tertentu.
- Terus kembangkan skill yang terkait dan mendukung posisi pekerjaan yang dilamar untuk meningkatkan kualitas diri.
Setiap perusahaan memiliki kriteria masing-masing dalam menyeleksi kandidat pekerja. Persaingan dalam mencari kerja juga semakin ketat sehingga kita harus tetap gigih berusaha dan perlu untuk senantiasa mengembangkan kemampuan dan keterampilan agar dapat menjadi kandidat yang berkualitas dan dilirik perusahaan.
—
Referensi
- https://stekom.ac.id/artikel/5-kriteria-pekerja-yang-dibutuhkan-perusahaan
- https://stekom.ac.id/artikel/6-karakter-karyawan-yang-berkualitas
- https://www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/careers-prospects/kriteria-kriteria-yang-dilirik-oleh-perusahaan
- https://edunitas.com/edunews/detail/kriteria-perusahaan-dalam-memilih-karyawan
- https://www.sodexo.co.id/blog/kriteria-karyawan-terbaik
- https://www.workmate.asia/id/blog/kriteria-pencari-kerja-agar-cepat-diterima-kerja
- https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2841247/ini-5-kriteria-pekerja-yang-paling-dicari-perusahaan
- https://glints.com/id/lowongan/skill-dimiliki-fresh-graduate