Walk in interview adalah jenis wawancara yang bersifat terbuka, dalam waktu tertentu. dan dilakukan bila posisi yang dibutuhkan cukup banyak. Walk in interview juga biasanya dilaksanakan dengan mengundang banyak pelamar, sehingga pelaksanaannya membutuhkan waktu yang cepat untuk memroses tiap-tiap.

Nah, kalau workers akan mendatangi walk in interview dalam waktu dekat, maka tips interview kerja dibawah ini perlu kamu simak agar kamu dapat melakukan persiapan terbaik dan memberikan jawaban dan respons yang tepat ketika berhadapan dengan pewawancara.

Konten:

  1. Siapkan Dokumen Persyaratan yang Diminta
  2. Buat CV & Portfolio yang Menarik Perhatian
  3. Cari Tahu Tentang Perusahaan & Posisi yang Ingin Dilamar
  4. Siapkan Mental dan Perbanyak Latihan
  5. Berikan Kesan Pertama dengan Outfit Menarik

Siapkan Dokumen Persyaratan yang Diminta

siapkan dokumen walk in interview
Photo by PavelDanilyuk on Pexels

Siapkan sejumlah dokumen yang dibutuhkan sebagai data pendukung diri, seperti surat lamaran kerja, update CV atau resume, pas foto terbaru, biodata diri, portofolio, dan berkas pendukung lainnya. Mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk walk in interview sebaiknya dilakukan sedini mungkin (sebaiknya selambat-lambatnya dari satu hari sebelumnya), sehingga pada hari pelaksanaan walk in interview kamu tidak perlu kerepotan. Pastikan kelengkapan dokumen tersebut tersusun rapi, bersih, dan tidak terlipat. Biasanya pihak perusahaan akan melakukan pengecekan ulang terhadap dokumen-dokumen tersebut.

Dan yang tak boleh ketinggalan, bawa juga alat tulis seperti pulpen, pensil dan penghapus untuk mengisi formulir atau dokumen tertentu pada saat wawancara.

Buat CV & Portfolio yang Menarik Perhatian

Buatlah pihak HRD terkesan dengan CV atau portfolio yang kamu bawa. Kamu juga bisa menyiapkan resume yang menarik dan berikan penyampaian singkat dan jelas pada saat sesi wanwancara mengenai dirimu. Tampilan CV dan portofolio yang menarik serta unik juga bisa menjadi nilah tambah saat user membacanya. Tapi jangan sampai tampilannya berlebihan ya, Workers, hal ini malahan bisa membuat pewawancara merasa kesulitan membaca dan mendapatkan poin-poin terpenting didalam CV/Resume dan portfolio kamu.

Baca juga:5 Skill Leader Ini Merupakan Kompetensi yang Wajib Dimiliki dalam Mencapai Kesuksesan

Cari Tahu Tentang Perusahaan & Posisi yang Ingin Dilamar

Untuk mencegah kebingungan dan ketidaksiapan saat walk in interview, lakukan riset terlebih dahulu pada perusahaan yang akan kamu lamar. Kenali lebih dalam profil perusahaan tersebut agar kamu punya gambaran terkait informasi dari perusahaan tersebut. Dengan memiliki informasi yang tepat tentang perusahaan dan posisi yang kamu lamar, kamu akan bisa lebih mudah menghubungkan ‘kebutuhan’ perusahaan, dengan ‘value’ yang bisa kamu berikan apabila kamu diterima bekerja. Pengetahuan ini nantinya akan jadi penilaian sejauh mana keseriusanmu ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Selain itu pahami juga tugas dan tanggung jawab pekerjaan untuk posisi yang dilamar. Pastikan posisi tersebut sesuai dengan minat dan skill serta kompetensi yang kamu miliki ya, Workers. Saat interview, recruiter juga akan menanyakan sejauh mana kamu tau tentang posisi tersebut dan adakah pengalaman kerja yang pernah kamu jalani.

Siapkan Mental dan Perbanyak Latihan

latihan mental walk in interview
Photo by LosMuertosCrew on Pexels

Cobalah untuk latihan menjawab pertanyaan wawancara sebelum walk in interview, agar jawaban yang kamu berikan lancar dan menambah rasa percaya diri. Perhatikan gestur dan bahasa tubuhmu mulai dari masuk ruang interview, menjawab pertanyaan, bahkan sampai kamu keluar dari ruangan.

Siapkan mentalmu dengan baik, agar bisa menjawab setiap pertanyaan dengan optimal dan tidak grogi. Beri kepercayaan pada perusahaan bahwa kamu pekerja yang memiliki kadar percaya diri yang baik, berkualitas dan pantas dipilih menjadi bagian dari mereka.

Berikan Kesan Pertama dengan Outfit Menarik

outfit walk in interview
Photo by Ben Rosett on Unsplash

Meskipun skill yang baik dengan sederet pengalaman kerja yang mumpuni dibarengi dengan good attitude menjadi penilaian utama saat interview, jangan lewatkan juga untuk selalu berpenampilan prima dalam setiap kesempatan.

Penampilan kamu menentukan kesan pertama yang bisa menjadi penentu bagaimana pewawancara memberikan feedback dan penilaian. Apabila kamu bisa menangkap perhatian pewawancara dengan kesan pertama yang baik saat walk in interview maka hal tersebut bisa menjadi nilai tambah untuk perusahaan merekrut kamu. Siapkan penampilan terbaikmu dan gunakan outfit yang, rapi. dan terutama nyaman. Dengan begitu sikap profesionalmu pun akan terpancar.

Satu poin penting yang juga perlu diingat adalah bahwa sering kali undangan walk in interview menyertakan informasi panduan berpakaian atau dress code. Sebagaimana hal tersebut tertulis, kamu harus mengikuti panduan tersebut.

Ingin tips lebih detail tentang bagaimana kamu bisa mempersiapkan outfit untuk interview? Simak juga artikel berikut ini: Warna Outfit Interview Kerja Bisa Mempengaruhi Penilaian? Bener Ngga Sih?

Gimana Workers? Sekarang udah tau kan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melakukan walk in interview? Lakukan segala sesuatunya semaksimal mungkin. Semoga kamu lolos seleksi dan mendapatkan posisi pekerjaan yang kamu inginkan ya, Workers.

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspedia dan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

Share:

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *