Workers, apa sih yang biasanya kepikiran ketika kamu harus menghadiri interview kerja (baik online maupun face-to-face)? Diantara hal-hal yang kepikiran, atau mungkin bikin grogi dan senewen, pasti tentang pakaian atau outfit interview kerja. Apabila ternyata hal tersebut tidak pernah kepikiran olehmu, mungkin ada baiknya mulai kamu pikirkan, terutama kalau kamu akan menghadapi interview pekerjaan dalam waktu dekat. Indeed, sebuah situs pengembangan karir global mengungkapkan bahwa kesan pertama yang positif dapat secara signifikan memengaruhi bagaimana recruiter membayangkan bagaimana nantinya kamu sebagai kandidat tampil bekerja sehari-hari, maka sangat penting untuk menyiapkan pakaian wawancara Anda dengan benar.

Selain memberikan kesan baik, penampilan yang tepat juga bisa meningkatkan rasa percaya diri kamu dalam menjawab setiap pertanyaan yang diberikan.

Pemilihan pakaian yang nyaman dan sopan ditambah dengan warna pakaian yang sesuai, akan menunjukkan seperti apa pembawaanmu dan secara tidak langsung juga menunjukkan seperti apa kepribadianmu. Tidak percaya? Nih kita kasih tau kalo warna pakaian yang kamu pilih bisa memberikan berbagai kesan seperti diantaranya dapat diandalkan hingga bahkan penuh dengan optimisme.

Lantas, pakaian dengan warna apa saja yang bisa memberikan kesan positif saat digunakan dalam sebuah interview kerja? Dibaca dengan seksama dengan penuh perhatian ya,Workers. Soalnya penting banget,loh.

Warna Hitam dan Putih Netral

outfit interview kerja hitam putih
Pexels.com/AndreaPiacquadio

Paduan warna hitam dan putih sering menghiasi lingkungan kantor ketika sedang proses rekruitmen. Kedua warna ini memang menjadi ikon ketika seseorang sedang melamar kerja, karena memberi kesan formal. Selain itu, warna hitam juga dianggap sebagai warna yang paling cocok bagi pelamar untuk posisi manajemen.

Baca juga: 5 Skill Leader Ini Merupakan Kompetensi yang Wajib Dimiliki dalam Mencapai Kesuksesan.

Warna Biru yang Sangat Direkomendasikan Sebagai Outfit Interview Kerja

outfit interview kerja warna biru navy
Photo by Hunters Race on Unsplash

Mari kita bertepuk tangan untuk para pecinta warna biru! Rupanya warna biru terutama biru navy menjadi warna yang paling direkomendasikan ketika melakukan wawancara kerja. Menurut Lynda Goldman, seorang konsultan sekolah kepribadian yang juga seorang penulis, warna biru dapat memberikan kesan dapat dipercaya. Warna biru muda atau biru pastel sangat disarankan untuk kamu kenakan,Workers.

Warna Cokelat Memberi Kesan Dapat Diandalkan

outfit kerja warna cokelat
Pexels.com/Fauxels

Warna cokelat identik dengan warna tanah yang memberikan kesan hangat. Namun, berbeda halnya ketika warna cokelat digunakan pada saat wawancara kerja. Warna ini justru memberi kesan bahwa seseorang yang menggunakan pakaian berwarna cokelat terlihat dapat diandalkan dandown to earthatau sederhana.

Warna Abu-abu, Positif danCool

outfit interview kerja warna abu-abu
Pexels.com/SoraShimazaki

Warna abu-abu memiliki persona yang serupa dengan biru yang memberikan kesan positif dan logis. Abu-abu juga menjadi salah satu warna yang biasa dipakai oleh seseorang untuk wawancara kerja atau saat bekerja sekalipun.

Baca juga: Work Life Balance – Apa Definisi dan Pentingnya Bagi Karirmu?

Warna Merah Terlihat Mendominasi

baju kerja warna merah
Photo by Vlada Karpovich on Pexels

Warna ini menunjukkan kesan seseorang yang mendominasi di lingkungan sekitar. Bahkan, kemungkinan buruknya, kesan warna merah ini pun dapat memberi kesan sebagai pemberontak. Sebisa mungkin hindari warna ini ketika ingin melakukan wawancara. Niat hati ingin cari kerja malah dapat impresi yang kurangkan menyenangkan.

Warna Oranye Terkesan Tidak Profesional

baju kerja warna oranye
Photo by Darshan Patel on Unsplash

Sebenarnya jarang sekali ada yang menggunakan warna orange ketika melakukan wawancara. Selain warnanya yang terlalu mencolok, rupanya warna orange ini memberikan kesan tidak profesional. Benar saja, berdasarkan hasil surveyCareerBuilder, sebanyak 25 persen responden mengatakan bahwa warna orange menunjukkan kesan yang tidak profesional. Mau secinta apapun kami dengan warna orange, sebisa mungkin hindari warna ini ketika wawancara ya, guys!

Warna Ungu dan Kuning, Warna si Pekerja Kreatif!

pakaian interview warna kuning
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Berbeda halnya dengan warna orange, warna ungu dan kuning yang terlihat terang, justru memberikan kesan kalau kamu adalah orang yang kreatif dan cocok untuk bekerja di industri kreatif. Warna ungu menunjukkan bahwa kamu memiliki persona yang unik, sedangkan warna kuning memberi kesan kalau kamu adalah orang yang kreatif penuh optimisme.

Nah, berdasarkan analisa warna pakaian tersebut, kira-kira kamu lebih nyaman menggunakan warna apa nih untuk wawancara?Tuliskan pendapatmu di kolom komentar ya,Goodmates! Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram@workerspediadan channel YoutubeWorkerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

Share:

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *