Melanjutkan karir di negara orang lain membuatmu memiliki banyak perspektif baru dan menambah pengalaman bekerja. Bagi kamu yang memang memiliki mimpi seperti itu, hampir dipastikan kamu akan berusaha mencari cara kerja di luar negeri. Namun, walaupun kamu akhirnya mendapatkan kesempatan tersebut, menjalaninya mungkin tidak akan semudah yang kamu bayangkan. Berbagai perbedaan seperti budaya, bahasa, pandangan hidup, dan sebagainya

Konten:

  1. Memiliki keahlian
  2. Persiapkan dokumen lengkap
  3. Kenali negara tujuan
  4. Pahami budaya kerja di luar negeri
  5. Memiliki tujuan dan perencanaan matang

Saat ini, banyak orang memilih untuk melanjutkan karirnya di luar negeri karena ingin memiliki penghasilan yang besar. Selain itu pengalaman kerja yang lebih menantang juga menjadi alasan.

Nah sebelum kamu memulai eksplor lebih lanjut lalu mencari cara kerja di luar negeri, cek Apa sih yang perlu diperhatikan jika kamu ingin bekerja di luar negeri?

1. Cara kerja di luar negeri: harus punya keahlian

Mempunyai suatu keahlian adalah hal yang sangat penting untuk bekerja. Maka, untuk bekerja di luar negeri kamu harus sudah memiliki keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan tujuan. Memiliki keahlian akan menjadi pertahanan kamu dalam dunia kerja karena persaingan global jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan negara asal.

Sekarang sudah banyak program atau kelas yang menyediakan persiapan untuk mengasah skill ataupun bimbingan kerja ke luar negeri. Salah satunya adalah Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yaitu instansi pemerintah yang menyelenggarakan pelatihan kerja dan keterampilan. Kamu bisa mengikuti kelas persiapan khusus agar mempunyai keahlian untuk bekerja diluar negeri serta mendapatkan sertifikasi kompetensi kerja yang menjadi syarat untuk bekerja di luar negeri.


Pengen tau caranya upskill alias meningkatkan keahlian, coba cek artikel Balai Latihan Kerja – Kejuruan, Manfaat dan Cara Daftar BLK

2. Persiapkan dokumen lengkap

Setiap negara sudah pasti memiliki persyaratan dan aturan mengenai dokumen yang perlu dipersiapkan. Kamu harus mengurus segala dokumen yang dibutuhkan dan jangan melewatkan persiapan ini karena dokumen yang kamu siapkan menyangkut legalitas keberadaan kamu di negara tujuan.

Beberapa dokumen wajib yang diperlukan adalah paspor, visa kerja negara tujuan, sertifikasi kompetensi kerja, Kartu Tanpa Penduduk (KTP), Akta Kelahiran, surat status pernikahan, dan dokumen lainnya sesuai persyaratan dari negara tujuan.

dokumen kerja di luar negeri | workerspedia.id
persiapan dokumen yang matang – cara kerja di luar negeri | workerspedia.id | Image by Freepik

3. Kenali negara tujuan

Sebelum memutuskan untuk bekerja di luar negeri, kamu harus melakukan riset pada negara tujuan. Seperti daerah tempat tinggal, budaya, politik, cuaca, aturan hukum dan norma, makanan, dan lainnya. Hal ini perlu kalian lakukan agar kamu memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan persiapan-persiapan hidup dan beradaptasi di tempat yang baru tanpa harus mengalami culture shock.

Jangan sampai kamu tiba di sebuah negara yang sedang beriklim dingin, tapi malah lupa membawa pakaian musim dingin, ga kebayang deh.

Simak juga video obrolan Workerspedia bareng Kak Abdul Wahab yang menceritakan pengalamannya bekerja di Jepang

4. Pahami budaya kerja di luar negeri

Budaya kerja diluar negeri dan di Indonesia memang cukup berbeda sehingga kamu harus mengetahui budaya kerja perusahaan karena sangat diperlukan untuk membantu proses adaptasi. Sistem jam kerja di luar negeri biasanya lebih ketat dan memiliki kerja disiplin yang tinggi karena mengedepankan hasil yang perfeksionis.


Baca juga: Warna Outfit Interview Kerja Bisa Mempengaruhi Penilaian? Bener Ngga Sih?

Sikap yang ditanamkan budaya sangat berpengaruh pada pekerjaan seperti budaya berpakaian. Setiap negara memiliki aturan berpakaian yang berbeda saat bekerja dan adanya sanksi jika menyimpang. Budaya kerja lainnya yang perlu diperhatikan seperti besaran gaji, hak cuti, kesetaraan posisi, dan lainnya.

5. Memiliki tujuan dan perencanaan matang

Hal terakhir, yang justru merupakan yang utama, yang perlu kamu perhatikan adalah bahwa kamu perlu memiliki tujuan yang jelas dan perencanaan yang matang. Mengambil langkah besar untuk merintis karir dan bekerja diluar negeri bukanlah sesuatu yang bisa kamu anggap remeh. Kamu akan menghadapi berbagai tantangan ketika jauh dari keluarga, sahabat, dan support system yang ada di tanah air, terutama di hari-hari pertama keberadaanmu disana. Oleh karena itu kamu perlu menetapkan tujuan yang menjadi fokus untuk kamu capai dan mempersiapkan perencanaan yang matang untuk kamu jalani. Apa yang kamu mau raih selama berada disana, berapa lama kamu akan bekerja, bagaimana kamu mengelola keuangan, dsb adalah beberapa hal utama yang perlu kamu ketahui sebelum melangkah lebih jauh.

Baca juga: Perbedaan Sales dan Marketing, Bukankah Keduanya ‘Jualan’?

Bukannya tidak mungkin kamu akan mengalami perubahan rencana, atau melakukan improvisasi berdasarkan situasi tertentu ketika sudah menjalani pekerjaan di luar negeri, dan apabila hal tersebut terjadi, sebaiknya kamu sudah punya rencana untuk menghadapinya. Sehingga dengan perencanaan yang matang kamu tetap bisa mengambil langkah untuk mengantisipasi perubahan tersebut.
Jika kalian ingin melanjutkan karir di luar negeri, memang masih banyak hal yang perlu kamu persiapkan tetapi hal itu akan menjadi bekal kamu disana. Jadilah pekerja yang aware di lingkungan baru agar kamu dapat beradaptasi lebih baik dan tidak mengalami cultureshock. Tidak ada salahnya memahami perbedaan yang ada agar menambah sudut pandang baru dan dapat menikmati pekerjaan kamu. (LALA)

Share: