Kamu merasa lebih nyaman melakukan aktivitas sendirian atau bahkan lebih bisa mengekspresikan diri saat sendirian? Mungkin saja kamu punya kepribadian introvert. Sebelum kita mengupas lebih jauh tentang pekerjaan yang cocok untuk introvert, ada baiknya kita kenali dulu sebenarnya apa karakter seorang introvert. Oh ya, untuk diperhatikan introvert disini tidak sama dengan mageran ya, Workers. Beda lho antara kepribadian introvert dengan mager ๐Ÿ™‚ Yuk lanjut!

Seperti yang ditulis situs Britannica, Carl Jung seorang Psikiater ternama asal Swiss menyatakan bahwa seorang introvert adalah orang yang minatnya umumnya tertuju pada perasaan dan pikirannya sendiri, berbeda dengan seorang ekstrovert yang perhatiannya tertuju pada orang lain dan dunia luar. Tipikal introvert adalah pemalu, kontemplatif, dan pendiam serta cenderung kesulitan menyesuaikan diri dengan situasi sosial. Sebaliknya, orang ekstrovert dicirikan oleh sifat ramah tamah, tanggap terhadap orang lain, aktivitas, agresivitas , dan kemampuan mengambil keputusan dengan cepat.

Penggambaran diatas kini dianggap terlalu menyederhanakan karena hampir tidak ada orang yang dapat digambarkan sebagai introvert atau ekstrovert sepenuhnya. Banyak orang ternyata adalah Ambivert, ada diantara kedua karakter diatas, di mana kecenderungan introversif dan ekstraversif muncul dalam keseimbangan yang dinamis dan muncul pada waktu yang berbeda sebagai respons terhadap situasi yang berbeda.

Orang yang memiliki kepribadian introvert dikenal suka menyendiri dan mudah terkuras energinya saat bersosialisasi dengan banyak orang. Di dunia kerja, orang-orang yang memiliki karakter seperti ini biasanya akan merasa lebih nyaman dan fokus dalam menyelesaikan pekerjaannya tanpa ada intervensi orang lain.

Konten:

  1. Programmer
  2. Desainer grafis
  3. Digital marketing
  4. Akuntan
  5. Penulis

Nah, kira-kira apa aja sih jenis-jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert? Mungkin beberapa profesi ini juga bisa menjadi pilihan yang pas buat kamu nih, Workers.

1. Programmer

Menjadi seorang programmer menjadi salah satu profesi yang cocok buat kalian yang suka kesendirian dan membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi. Mereka biasanya hanya membutuhkan komputer/laptop lengkap dengan internet yang stabil untuk bekerja.

Jika kamu punya ketertarikan terhadap dunia programming dan tidak membutuhkan interaksi dengan banyak orang, pekerjaan ini bisa banget menjadi salah satu pilihan kamu. Udah gitu, gaji yang ditawarkan terbilang tinggi loh, Workers!

pekerjaan untuk introvert - programmer | workerspedia.id
Pekerjaan untuk introvert | workerspedia.id | Photo by Patrick Amoy on Unsplash

2. Desainer Grafis

Nggak cuma yang suka dunia programming aja loh yang cocok untuk pekerjaan si introvert. Pekerjaan sebagai desain grafis juga jadi pilihan menarik nih buat kamu yang jago menuangkan ide visual dan bekerja dengan imajinasi sendirian.

โ€”
Baca juga: Cara Mencapai Work Life Balance โ€“ Simak 5 Tips Ini!
โ€”

Pekerjaan ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun yang bisa membebaskan kreatifitasmu dalam menuangkan ide. Skill ini juga semakin banyak dicari perusahaan karena terhitung masih minim yang punya pengalaman profesional dan berkualitas. Dan menariknya, profesi ini bisa juga dijadikan pekerjaan sampinganmu loh, Workers!

3. Digital Marketing

Pekerjaan sebagai Digital Marketing kini banyak dicari perusahaan. Di zaman yang serba digital tentu tak perlu lagi bertemu langsung satu sama lain. Cukup satu klik, suatu perusahaan bisa berinteraksi dengan para konsumennya.

Digital Marketing merupakan pekerjaan di bidang pemasaran yang menggunakan platform digital. Ini tentu jadi pilihan yang pas buat si introvert yang punya keahlian mempromosikan barang dan jasa lewat media sosial dan internet. Mereka ditugaskan dapat mempromosikan konten semenarik mungkin untuk bisa menjangkau customer lebih luas.

Introvert lebih nyaman dan fokus bekerja tanpa intervensi orang lain | workerspedia.id
Introvert lebih nyaman dan fokus bekerja tanpa intervensi orang lain | workerspedia.id | Photo by Brooke Cagle on Unsplash

4. Akuntan

Profesi sebagai akuntan dianggap cocok untuk yang memiliki karakter introvert, apalagi buat kamu yang senang dengan kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan data dan angka tanpa harus banyak berinteraksi dengan banyak orang.

Seorang akuntan dituntut untuk bisa menganalisis laporan keuangan dan menghitungnya dengan tepat. Hal ini tentu perlu tingkat konsentrasi yang tinggi karena tidak boleh ada kesalahan dalam penghitungan.

โ€”
Baca juga: 5 Karakter Orang Sukses
โ€”

Bekerja sebagai akuntan tergolong cocok untuk introvert yang gemar menikmati kesendirian dalam melakukan pekerjaannya. Apalagi gaji yang ditawarkan sebagai akuntan terbilang cukup menjanjikan loh, Workers!

5. Penulis

Menjadi seorang penulis bisa jadi pilihan karir selanjutnya yang cocok untuk mereka si introvert yang punya hobi mengekspresikan diri lewat tulisan. Ashley Stahl, seorang kontributor Forbes.com, dalam tulisannya mengungkapkan Introvert biasanya menikmati kesendirian dan waktu dengan pikirannya, dan seorang penulis akan menyalurkan pemikiran tersebut ke dalam alur cerita yang kreatif. Di zaman melek teknologi seperti sekarang ini, profesi sebagai penulis gak Cuma tentang menerbitkan buku saja loh, Workers. Ada banyak jenis pekerjaan yang berawal dari seorang penulis, seperti content writer, copywriter, UX writer, editor, dan sebagainya.

Sebenarnya, jenis pekerjaan apapun akan terasa menyenangkan selama kita nyaman dan happy dalam mengerjakannya. Tidak ada yang lebih mengasyikan daripada sebuah hobi yang bisa dibayar.

Semoga jenis pekerjaan tadi bisa menjadi inspirasi untuk kamu yang suka bekerja sendiri tanpa harus bertemu orang banyak ya Workers. Semangat!!

Share: