Dalam sebuah perusahaan wajar rasanya jika kita menemukan banyak orang dengan beragam karakter yang berbeda. Tapi nggak selamanya rekan kerja yang ditemui akan selalu menyenangkan, termasuk saat-saat dimana kita bekerja bersama rekan kerja toxic yang suka cari muka.

Ada kalanya kalian harus berhadapan dengan rekan kerja toxic yang suka menjadi pusat perhatian, atau bahkan senang sekali membangun pencitraan di hadapan atasan ataupun rekan kerja lainnya. Toxic banget kan, Workers?

Nah, bertemu dengan teman kantor yang suka cari muka tentunya bikin emosi dan berdampak kurang baik pada produktifitas kerja kita. Daripada terus-terusan menumpuk rasa kesal, coba cara ini untuk menghadapi ‘si cari muka’ di kantor.

Konten:

  1. Tunjukkan sikap professional
  2. Jaga jarak aman
  3. Ingat! Jangan terpancing emosi
  4. Sudah keterlaluan? Ambil sikap tegas!
  5. Selalu jalin hubungan baik di lingkungan kerja

1. Tunjukkan Sikap Profesional

‘Si cari muka’ biasanya akan selalu berupaya untuk terlihat paling menonjol. Nggak jarang ia akan melakukan berbagai cara untuk terlihat hebat apalagi di hadapan atasan. Kamu tidak perlu meresponnya dengan ikut-ikutan bersikap cari muka.

Cukup perlihatkan skill terbaikmu dan tunjukkan profesionalisme kerjamu secara totalitas dan produktif di kantor. Hal ini akan menjadi nilai plus di mata atasan dan rekan kerja yang lain tanpa harus dibalut dengan pencitraan semu.

Lagipula bersikap dan memiliki komitmen terhadap profesionalitas merupakan salah satu resep sukses, ngga percaya? Coba baca lebih lanjut disini tentang 5 karakter orang sukses.

2. Jaga Jarak Aman

Orang yang suka cari muka cenderung akan bermuka dua. Makanya, jangan sampai kamu tertipu dengan sikap manisnya di depanmu. Karena bisa jadi ia sedang mempersiapkan rencana untuk menjatuhkanmu. Usahakan untuk selalu menjaga jarak dengan orang seperti ini. Jangan pernah berbagi cerita terlalu dalam dengannya, untuk berjaga-jaga jangan sampai ia malah menyebarkan rahasiamu ke orang lain.

kolega toxic cari muka | workerspedia.id

3. Ingat! Jangan Terpancing Emosi

Menghadapi orang yang suka menjelek-jelekkan orang lain demi mendapat validasi terhadap dirinya memang perlu kesabaran tingkat dewa. Tapi yang perlu diingat, jangan sampai kamu terpancing emosi untuk meladeninya yah, Workers.

Cukup amati saja dan hadapi tingkahnya dengan santai dan tetap berkelas. Tidak perlu bersusah payah membantah semua ucapannya yang tidak benar, cukup buktikan dengan sikap terbaikmu ke rekan kerja yang lain bahwa kamu tidak seperti apa yang si ‘carmuk’ katakan.

4. Sudah Keterlaluan? Ambil Sikap Tegas!

Jika sikap cari muka yang dilakukan rekan kerjamu sudah sangat keterlaluan, sudah saatnya kamu melakukan mengambil sikap tegas. Ajak bertemu langsung dan berbicara dari hati ke hati apa yang diinginkannya.

Kamu tidak perlu buang-buang tenaga untuk debat dengannya, Workers. Cukup ungkapkan apa saja sikapnya yang dirasa sudah mengganggumu di kantor. Dan tegaskan kalau kamu nggak segan untuk bersikap lebih jauh jika perilaku toxic-nya itu masih berlanjut atau bertambah parah.

5. Selalu Jalin Hubungan Baik Di Lingkungan Kerja

Perluas pergaulanmu dengan selalu menjalin hubungan baik dengan setiap rekan kerja di kantor. Dengan bersosialisasi di lingkungan kerja, otomatis menambah lingkup perkenalan yang tau betul bagaimana karakter dan pribadimu selama bergaul. Dengan begitu ‘si cari muka’ akan sulit mengincarmu karena banyak rekan kerja yang mengenalmu tak akan percaya begitu saja dengan omongannya tentangmu yang belum tentu benar.

Tapi memang beda ya ceritanya kalau bukan sekedar rekan kerja yang toxic, tapi tempat kerjamu juga toxic. Nah coba baca artikel tentang tempat kerja yang toxic berikut ini.

Semoga cara-cara tadi bisa membantumu menghadapi rekan kerja yang hobi cari muka di kantor. Meski nggak gampang, selalu tunjukkan sikap profesional dan berikan kinerja terbaikmu tanpa harus menjatuhkan orang lain. Karena keberhasilan yang didapatkan dengan cara buruk tidak akan bisa bertahan lama. Hindari sikap negatif yang bisa mengancam masa depan karirmu ya, Workers!

Share: